Kurikulum 2013

Kurikulum 2013?

Ya, kita ketahui bahwa sudah beberapa kali terjadi pengembangan kurikulum pendidikan di Indonesia. Bisa kita lihat pada gambar berikut:

perkembangan kurikulum

Dapat dilihat bahwa pengembangan kurikulum dimulai pada tahun 1947 hingga tahun 2013. Pada tahun 2013 ini pemerintah menetapkan bahwa kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum 2013, walaupun penerapan kurikulum ini dilakukan secara bertahap pada beberapa sekolah.Jika kita analisis dari pengertian kurikulum tersebut, maka kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Pada dasarnya kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan. Tujuan yang akan dicapai sesuai dengan salah satu tujuan bangsa Indonesia pada isi pembukaan UUD 1945, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Perkembangan kurikulum 2013 ini merupakan penyempurnaan dari kurikulum yang sebelumnya. Namun terdapat perbedaan pada perangkat pembelajaranĀ  dan buku yang digunakan oleh siswa dan guru.

Standar Kompetensi yang digunakan pada kurikulum sebelumnya diubah namanya menjadi Kompetensi Inti. Kompetensi Inti terdiri dari: Kompetensi agama, kompetensi sosial, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi penerapan pengetahuan.

Jika pada kurikulum sebelumnya standar kompetensi tiap mata pelajaran itu berbeda-beda, maka pada kurikulum 2013 ini kompetensi inti berlaku sama untuk semua mata pelajaran.

Selain itu juga, pada kurikulum 2013 ini lebih menekankan pada proses saintifik atau penemuan dalam proses pembelajarannya.

Bisa dilihat pada contoh Perangkat pembelajaran berikut:

silabus-matematika-smp-kelas-vii

skl-ki-dan-kd-matematika

contoh-rpp-kurikulum-2013

 

Perangkat pembelajaran di atas khusus untuk mata pelajaran matematika kelas VII.

 

Oke, selamat menggali ilmu sebanyak-banyaknya untuk mentransfer ilmu kepada semua anak didik kita, guys!

Salam guru bahagia ^_^

 

 

Markas Inspirasi, 18 Oktober 2013

“Tunggu link untuk download bukunya yaaaa”

Tertanda: Tria Gustiningsi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s