Si Otak Kanan

Sebenarnya sudah lama sekali ingin membahas ini. Hm, biasanya, orang yang berkecimpung dalam bidang matematika itu dominan menggunakan otak kiri dalam berpikir. Cenderung kepada hitung-hitungan, rinci. Pun, orang yang berkecimpung dalam bidang matematika itu kebanyakan pendiam, karena fokus, serius.

Tapi entah aku merasa ada sesuatu yang berbeda denganku. Pendiam? Iya, jika sedang tidur. Serius? Iya, jika sedang merayu ibu untuk minta pitih. :D

Aku lebih suka berkarya, mengekplore diri dengan hal-hal yang baru, mengotak-atik aplikasi baru, mengedit-edit foto atau suatu tampilan, membaca puisi, menulis celotehan-celotehan ringan, belajar sambil mendengarkan sound, membaca sambil menonton tv, membuat tugas sambil menulis wordpress (#eh), dan kegiatan tidak fokus lainnya.

Jika dihadapkan dengan soal matematika, aku lebih suka mengerjakannya sambil makan cokelat, memegang pensil dan kertas, mencorat-coret, listening something, berpikir. Yaa, sampai dapat.

Hal ini juga yang membuat aku sangat menyukai soal matematika tipe PISA (Program International Student Assessment). Soal ini memerlukan penalaran, dikaitkan dengan konteks real, jawabannya pun bisa dengan menggunakan banyak cara. Ya, aku suka sekali soal tipe ini.

Bahkan aku bisa mengerjakan soal PISA dengan cara sangat sederhana, dengan penalaran yang kontekstual, bahkan mungkin tidak ada operasi hitung yang digunakan. Hahaa. Karena soal ini sungguh dominan menggunakan otak kanan (menurutku), melatih kreativitas berpikir.

Ya, sampai disini dulu celotehan ini. Sekarang sudah larut sekali.

Maaf, tidak ada kesimpulan. Hohooo

Selamat beristirahat.

 

Markas Inspirasi, 26 Desember 2013

“Pukul 11:36 pm”

Tertanda: Tria Gustiningsi

Tentang mutiarakeluarga

aku adalah orang biasa, tapi dengan semangat yang luar biasa tak pernah berhenti berjuang menggapai cinta Allah, dan berjuang mengukir senyum kebanggaan di wajah orangtua....
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s