PSPA, wajib ikut!

Entah apa yang kurasakan pagi ini, ada sesuatu yang mengisi ruang hati dan pikiran. Aku tidak tahu ini apa. Jujur, ada semacam kelegaan, ada semacam semangat baru, ada semacam jiwa baru, ada semacam konsep baru yang begitu bergemuruh di sini. Iya, di sini, di hati. Allah, terima kasih karena Engkau telah memberikanku kelapangan sehingga dapat mengikuti seminar parenting Auladi, PSPA : Program Sekolah Pengasuhan Anak. Allah, terima kasih karena telah menuntun hati dan langkahku untuk mengikuti seminar ini. Terimakasih Abah, terima kasih panitia.

Aku hanya ingin katakan bahwa sungguh menyesal sekali teman-teman atau para orang tua dan calon orang tua yang tidak mengikuti seminar ini. Sungguh. Aku tidak dibayar oleh panitia untuk mempromosikan ini, sungguh. Aku hanya ingin bilang bahwa sungguh menyesal teman-teman yang tidak atau belum sempat mendapatkan ilmu ini.

Mengikuti seminar parenting tidak harus bagi orang yang sudah menikah, tidak. Justru ini sangat penting untuk orang yang belum menikah agar tidak terlambat menerapkan aturan kepada anak. Hey, bukankah semua dari kita akan menjadi orang tua suatu saat nanti kan? Okelah, jika belum nanti, maka sekarang bukankah kalian memiliki keponakan, siswa, adik, atau anak tetangga kan? Dan, ini bisa diterapkan sekarang. Aku guru. Iya, aku adalah guru pertama bagi anak-anakku kelak, dan aku tidak ingin menjadi guru yang “tidak tahu rules” dalam mendidik anak-anakku kelak. Aku ingin menjadi Ibu yang hebat bagi anak-anakku, aku ingin menjadi ibu yang mampu lahirkan dan mendidik anak yang dalam jiwanya tumbuh sikap penyayang, cerdas pikiran dan tindakannya, yang lembut hatinya, yang taat pada Penciptanya, aku ingin menjadi Ibu yang mampu lahirkan pahlawan yang tangguh, setangguh Muhammad Al-Fatih, aku ingin menjadi Ibu yang mampu lahirkan pahlawan yang hebat, sehebat Khalid Bin Walid, aku ingin jadi Ibu terbaik, aku ingin jadi Ibu yang mampu lahirkan para anak yang sholeh dan sholehah, aku ingin menjadi ibu yang anak-anaknya tumbuh menjadi anak yang selalu bahagia, aku ingin jadi Ibu hebat!

Aamin Allahumma Aamiin. Kabulkan Ya Rabb.

Sebelum menikah dan memiliki anak. Ilmu parenting ini juga bisa segera kuaplikasikan kepada siswa-siswaku, keponakanku, anak-anak tetangga. Aku ingin semua anak di dunia ini tumbuh menjadi anak yang bahagia, tumbuh menjadi anak sesuai usianya, tumbuh menjadi anak seperti apa dirinya. Sungguh, tidak ada satu pun anak di dunia ini yang saat dalam perut ibunya bercita-cita untuk menjadi anak yang nakal saat dia lahir nanti! Tidak ada satupun anak yang bercita-cita untuk merusak masa depannya sendiri, untuk menjadi anak yang terlibat narkoba, tawuran. sungguh, tidak ada satupun anak yang bercita-cita seperti itu. Sungguh! Allahu akbar. Jika sekarang ini kita lihat ada remaja yang nakal, mabuk-mabukan, tidak mau belajar, ugal-ugalan, dan sebagainya, maka jangan salahkan dia, jangan salahkan dia, aku mohon jangan salahkan dia. Please, koreksi pendidikan yang diajarkan oleh orangtuanya, please koreksi bagaimana orangtuanya mengasuhnya dulu, please koreksi. Please.

Sekarang, sebelum semua itu terjadi, marilah bersama-sama kita didik anak-anak kita dengan cara yang baik dan benar. Marilah kita hargai anak-anak kita. Bukankah setiap anak itu adalah istimewa? Bukankah setia anak itu adalah special? Bukankah setiap anak itu anugerah? Bukankah setiap anak itu sifatnya “memberi”? Iya kan? Setiap anak itu memberi kebahagiaan kepada orangtuanya, apapun tingkahnya, bagaimanapun caranya. Bukankah setiap anak itu menggemaskan?

Hm, mengikuti seminar parenting selama 2 hari, 19-20 Januari 2013, dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore, sungguh menambah banyak ilmu dan kesadaran. Seminar Parenting, Program Sekolah Pengasuhan Anak oleh Auladi Parenting School dengan narasumber Abah Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari, sungguh luar biasa. Terima kasih Ya Allah. terima kasih abah, terima kasih panitia, terima kasih para peserta. Semoga kita semua bisa menjadi orang tua terbaik untuk anak-anak kita. Aamiin Allahumma Aamiin.

 

Markas Inspirasi, 21 Januari 2013

“Aku merekomendasikan semua orang (kecuali anak sampai usia SMA) untuk mengikuti seminar parenting ini. Penting! Sungguh! Hm, semoga semua orang tua memuliakan anak-anaknya. Aamiin :)”

Tertanda: Tria Gustiningsi

Tentang mutiarakeluarga

aku adalah orang biasa, tapi dengan semangat yang luar biasa tak pernah berhenti berjuang menggapai cinta Allah, dan berjuang mengukir senyum kebanggaan di wajah orangtua....
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

