Piala HIMMAers08 : Mengukir Sejarah ^_^

Aku ingin bercerita tentang sebuah kisah “pertama kali” dalam hidup. Tidak pernah kutemui sebelumnya bahwa ada kisah seperti ini. Iya, ini pertama kalinya. Kisah ini berbeda, khusus. Sesuai pula, ini untuk sahabat terkhusus yang kami miliki. Ah, rinduku bergemuruh menulis ini. Ini tentang aku dan mereka. Iya, ini tentang kami. Ini tentang kita ^_^

Aku memiliki banyak sekali harta berharga dalam hidup. Termasuk mereka itu. Kami dikumpulkan dalam sebuah wadah “keluarga” yang erat sekali ikatannya. Wadah itu disebut HIMMA (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika). HIMMA adalah wadah atau organisasi pertama kali yang kami temui di kampus, sebelum kami bertemu, jatuh hati, dan diamanahi di organisasi lainnya (dengan tidak mengabaikan HIMMA tentunya).

Untuk HIMMA angkatan 2008 (angkatan kami), kami menyebut diri kami dengan HIMMAers08 (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika angkatan 2008). HIMMAers08 adalah sebuah keluarga bahagia yang di dalamnya terdiri dari orang-orang hebat, inspiratif, dan hatinya terhubung ke langit. Mereka mengajarkanku tentang banyak hal, tentang ukhuwah, kesabaran, kesyukuran, kesetiaan, kedewasaan, pengertian, kesolidan, dan banyak lagi. HIMMAers08 adalah orang-orang pilihan Allah. Kami berasal dari daerah yang berbeda-beda, dengan budaya yang berbeda, bahasa yang berbeda, namun Allah mempertemukan dan menyatukan kami dalam satu tempat bernama FKIP Matematika Universitas Sriwijaya. Ah, mereka itu kado terindah dari Allah. Aku namakan mereka itu adalah “kado tanpa pita”. Mereka itu hadiah. Erat sekali Allah mengikat hati kami. Oh Allah, aku merindukan mereka lagi.

Hm, okelah, itu sedikit perkenalan tentang HIMMAers08. Huh, baru beberapa kalimat menulis tentang mereka, aku sudah dibuat menangis sendiri. *Kuatlah wahai hati, kuatlah, kita akan berkumpul lagi semuanya. Kuatlah wahai hati.

Oke, kisah yang ingin kuceritakan ini bermula dari ide gila dan asal-asalanku saat dulu masih menjadi mahasiswa S1 Pendidikan Matematika. Aku dan mereka, entah sedang membicarakan apa saat itu. Seingatku, saat itu kami sedang membahas masalah “sesuatu” yang sering digalaukan oleh anak muda. #Tsaaahh

Cerita galau itu membuat ide “galau”ku muncul. Tingting. *Keluar lampu 5 watt di atas kepala*. Dan ide itu adalah tentang “PIALA HIMMAers08”. Apa itu? Yaa, piala HIMMAers08 adalah piala yang dipersembahkan kepada personil HIMMAers08 yang menikah. Jika ada yang menikah lebih dulu, maka dia akan kami hadiahi piala HIMMAers08 tersebut. Dan piala itu sifatnya BERGILIR. Jika ada lagi yang menikah, maka sang personil HIMMAers yang lebih dulu mendapatkan piala tersebut harus mengantarkan piala itu kepada personil yang sedang melangsungkan pernikahan. Begitu seterusnya. Yang menghadiri serah terima piala ini bukan hanya personil yang sudah mendapatkan piala itu saja, tapi semua personil HIMMAers08 juga mesti datang. Mengapa? Karena piala ini juga bertujuan untuk tetap menjaga tali silaturrahim diantara kami walaupun sudah terpisah jarak dan waktu. Kita semua tahu dengan hadist Rasulullah ini kan teman-teman?:

Dari Abu Ayyub Al-Anshori r.a bahwa ada seorang berkata kepada Nabi saw., “Beritahukanlah kepadaku tentang satu amalan yang memasukkan aku ke surga. Seseorang berkata, “Ada apa dia? Ada apa dia?” Rasulullah saw. Berkata, “Apakah dia ada keperluan? Beribadahlah kamu kepada Allah jangan kamu menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, tegakkan shalat, tunaikan zakat, dan bersilaturahimlah.”(Bukhari).

 

Silaturrahim. Subhanallah.

Selain sebagai pengikat tali silaturrahim, moment serah terima piala ini juga bisa sebagai ajang reuni, sekaligus sebagai inspirasi atau motivasi kepada personil HIMMAers08 yang lainnya agar segera mendapatkan piala tersebut. #kalem

Dari bincang-bincang itu, ditetapkanlah saudara keyang sebagai PJ Piala.

Oke, singkatnya.. ternyata di tahun 2012 ini kami mendapatkan berita yang menggembirakan. Ada salah satu diantara kami yang akan melangsungkan pernikahannya pada tanggal 29 Desember (akad nikah),dan 30 Desember (resepsi). Ria Putri Ningsih. Allahu akbar. Dan sontak saja, aku heboh mengingatkan sang PJ piala untuk memesan pialanya.

Kemudian menjelang hari H, satu persatu dari kami sudah menuju rumah sahabat kami ini, Muara Enim, yang letaknya lumayan jauh dan cukup memakan waktu. Tapi aku baru bisa berangkat ke sana saat tanggal 29 Desember 2012 (menjelang akad) karena masih ada keperluan yang harus aku selesaikan, dan juga menunggu sang PJ piala yang ternyata pagi tanggal 29 Desember tersebut beliau masih ada di Jakarta. Betapa grasak-grusuknya dia mungkin ya. Hahaa. Dan akhirnya hampir jam 11.30 WIB alhamdulillah dia bisa menemuiku untuk menitipkan piala tersebut kepadaku, karena dia berhalangan hadir. Sibuk tenan ya sahabat satu ini. Ckckck *geleng-geleng salut*

Saat menerima piala itu, aku rasanya campur aduk. Ohmaigaad, piala ini belum untukku. Selain itu, piala ini mirip dengan PIALA Gubernur yang biasanya kami persembahkan kepada pemenang lomba LCCM dalam rangkaian acara MEF (Mathematics Education Fair). And you know lah sodara-sodara, piala ini berat.😦

Dan membawa piala ini dari Palembang ke Muara Enim itu rasanya sesuatu. Karena piala ini dibungkus plastik, dan hanya bagian atasnya saja yang terlihat, akibatnya sepanjang jalan aku disapa oleh beberapa orang dengan ucapan “Waaah keren ya dapat piala. Menang lomba ya?”, lalu ada bapak-bapak di bis nanya “Wah hebat ya dapat piala, pasti kamu pintar ya, berprestasi”.. Dan apa yang bisa kulakukan sodara-sodara? Aku cuma senyum. Ga tahu mau ngomong apa. -_-“

piala himmaers08 1

piala

Ini foto piala HIMMAers08. Bagian paling atas itu ada rajawali. Itu maknanya bahwa semua personil HIMMAers08 sudah bisa mengepakkan sayapnya dan siap terbang untuk menebar manfaat dimana-mana, siap ke wilayah baru, siap membangun rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah. Aamiin Allahumma Aamiin.

Serah terima piala kami rencanakan untuk dilangsungkan tanggal 30 Desember karena mantan ketua HIMMA (koyong) dan ketua tingkat abadi (akang)  masih ada di Indralaya saat tanggal 29. Dan tanggal 30 tersebut, subuh hari ternyata mereka langsung bergegas ke muara enim. Waaah saluuut. Benar-benar pemimpin teladan kami ini.

Saat acara resepsi berlangsung, saat khusyuk mengikuti prosesi, di tengah-tengah acara kami dibuat kaget dan bingung saat MC menyerukan bahwa “acara selanjutnya adalah penyerahan piala bergilir dari adik-adik kita, FKIP Matematika Unsri”. Kami bengong. Semacam tak sadar dan tak percaya. Hah? Masuk acara resmi? Aslilah grasak grusuk mengambil piala yang kami titipkan di belakang. Uy piala uy, cepatlah piala. Piala mana piala? Lariiiiiii..*Gedek gedek gedek*. Lalu masing-masing di antara kami saling toleh, “Kita maju? Ayok kita maju”. Tuing tuing, piala HIMMAers08 benar-benar membuat salah tingkah. >,<

Dan jadilah kami naik ke panggung untuk menyerahkan piala. Sayangnya, banyak yang berhalangan hadir karena ada beberapa agenda yang tidak bisa mereka tinggalkan. Tapi, insyaAllah do’a keberkahan untuk kedua mempelai senantiasa teriring. Maaf ya teman-teman, kami foto-foto tanpa kalian. Heheee😀

Penyerahan piala HIMMAers08 diwakilkan oleh seseorang yang kami tuakan, yang sudah bagaikan kakak bagi kami, paling bijaksana dan paling sabar diantara kami. Kami sebut dia koyong. Koyong artinya kakak (bahasa sekayu). Kebetulan, beliau juga Ketua HIMMA yang menjabat saat periode kami. Koyong menyampaikan sedikit kata sambutan, beliau menjelaskan mengenai piala yang kami serahkan tersebut. Ya, mungkin agar para undangan tidak shock melihat tragedi yang tak biasa mereka jumpai ini, mungkin baru pertama kali dalam hidup mereka. Tragedi anak muda. Fiuh.

Maafkanlah kami wahai bapak-bapak dan ibu-ibu.

Kemudian, sesi foto-foto tak terlupakan, lalu menyalami sahabat kami. Huh, ini semacam acara pelepasan. *Info: ada yang mau nangis saat di atas panggung, mungkin sedih mau pisah. #NoMention

Walimahan tante

 

Dan penyerahan piala ini mendapatkan tepuk tangan hangat dari semua undangan yang hadir. Dan terang saja kami dibulli oleh MC-nya dengan statement “Siapa selanjutnya? Bulan depan siapa ya?”.

Lalu diikuti dengan tertawanya para undangan, sepertinya tawa pengharapan #Think

Finally, penyerahan piala selesai. Ya, kami mengukir sejarah lagi hari ini. PIALA HIMMAERS’ 08.

Mulai sekarang, bagi semua HIMMAers08, bertambah lagi satu agenda resmi dalam susunan acara pernikahan, yaitu “Penyerahan Piala Bergilir HIMMAers08”. Tolong MC-nya diingatkan yaaaaaa. Hihi ^_^

Ya, ini salah satu cara kami untuk turut merasakan dan menambah kebahagiaan sahabat kami yang sedang berbahagia. HIMMAers08, aku bahagia dipertemukan dengan kalian. Bahagia memiliki kalian. Oh Allah, terima kasih.

Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) namaNya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS An Nisaa’ 4:1).

 

Sabda Rasulullah Shallallahu’alahi Wasallam ,

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Artinya: “Barangsiapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturahim.”

Semoga silaturrahim ini tetap terjaga. Allah, jagalah hati kami, satukanlah hati kami Ya Rabb. Teriring selalu do’a rabithah dan do’a-do’aku untuk kebaikan kalian wahai saudaraku. Aku merindu. Ah, aku harus terima bahwa perpisahan itu adalah kenyataan, tapi aku yakin akan ada waktu kita bertemu lagi. Aku sayang kalian.

Jika saat nanti kita tlah hidup masing-masing, ingatlah hari ini.🙂

Untuk sahabat kami, Ria Putri Ningsih, selamat menempuh hidup baru. Barakallahu lakuma wabarakallahu’alaikuma wajama’a wabainakuma fiikhair. Semoga sakinnah mawaddah warahma. Semoga jadi keluarga yang meningspirasi, dan punya banyak tiket ke syurga. Aamiin Allahumma Aamiin.

 

 

Markas Inspirasi, 8 Januari 2013

“Merindui kalian itu adalah sebuah kemutlakan”

Tertanda: Tria Gustiningsi

Tentang mutiarakeluarga

aku adalah orang biasa, tapi dengan semangat yang luar biasa tak pernah berhenti berjuang menggapai cinta Allah, dan berjuang mengukir senyum kebanggaan di wajah orangtua....
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

10 Balasan ke Piala HIMMAers08 : Mengukir Sejarah ^_^

  1. tryayuokta berkata:

    sukalah uni,.
    tambo-tambo,. pakek selempangan jg. ^_^

    keluarga himmaers08

  2. evan berkata:

    turut merasakan kebahagiaannya

  3. astin berkata:

    mbaakk mbaaakk…
    kok aku baru tauu yo mb..???
    *ngasih undangan ke matilu dak mb..?

  4. DPratiwiiest berkata:

    apa ini? *hooooah *banjir *sesenggukan *kalian luar biasaaaaaa *kangen :*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s