Aku mirip dia

Beberapa hari ini, wajahnya berkelebat di ingatanku. Setiap wajahnya melintas dibenakku, aku selalu menangis. Menangis sejadi-jadinya. Rinduku begitu mendalam, sungguh. Kata ibu, aku mirip dia. Kata ibu, sifatku mirip seperti sifatnya. Dia, meninggalkanku untuk selamanya saat aku duduk di kelas 5 Sekolah Dasar. Dia adalah kakekku.

Sudah hampir 12 tahun dia pergi meninggalkan kami semua. Innalillahi wainnailaihi rojiun.

Hm, walaupun sudah sekian lama ia pergi, wajahnya itu masih terekam jelas di ingatanku. Dia, pria Minang yang gagah sekali. Senyumnya khas. Setiap ia berbicara, selalu saja membakar semangat, lalu seketika membuat aku tergelak dengan cerita lucunya. Ah aku rindu.

Kek, kakek meninggalkanku terlalu cepat, padahal masih banyak yang ingin aku tanyakan pada kakek. Dulu kakek pernah bercerita tentang perjuangan kakek sekolah, dan Buya Hamka ternyata adalah teman sebangku kakek. Kek, aku ingin bertanya bagaimana dulu Belanda membumihanguskan kantor kalian? Lalu, bagaimana strategi kalian dulu? Kakek pernah bilang dulu kakek menyukai pelajaran matematika, benarkah? Kek, bagaimana pendapatmu tentang perkembangan islam zaman sekarang kek? Huh, banyak sekali yang ingin aku diskusikan. Kakek pasti paham sekali.

Kek, aku selalu berdoa semoga kita bertemu lagi di syurga Allah. Aamiin Allahumma Aamiin.

Teriring doaku untukmu kek. Allah, ampuni dosa-dosa kakekku ya Allah, lapangkan kuburnya, terimalah dia di tempat terbaik di dekatMu Ya Allah. Aamiin Allahumma Aamiin.

 

Markas Inspirasi, 26 November 2012

“Aku bangga menjadi cucumu, kek”

Tertanda: Tria Gustiningsi

Tentang mutiarakeluarga

aku adalah orang biasa, tapi dengan semangat yang luar biasa tak pernah berhenti berjuang menggapai cinta Allah, dan berjuang mengukir senyum kebanggaan di wajah orangtua....
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s