“Kebun” itu ternyata “sesuatu” ya..

Saat aku sedang fokus dengan laptopku, buku-buku yang berhamburan dimana-mana, dan sedang memahami kata demi kata, tiba-tiba HPku berdering..

Ada sms dari seorang temanku, kami akrab memanggilnya dengan sebutan “mama”..

*aku tak tahu pasti mengapa dia tiba-tiba menanyakan ini

smsnya sebagai berikut : (sudah alih bahasa)

temanku yang sedang bingung     : Tria, pernah liat kebun padi ga ?

aku yang sok keren                                : kebun padi ?? kalau kebun yang isinya padi ya namanya sawah.

temanku yang sedang bingung    : itu bisa disebut kebun ya ?

Lalu aku yang sedang fokus dengan draf skripsiku itu mesti mengalihkan kesibukanku sebentar untuk bertanya kepada Prof. Google… bibibiibbb…. ku balas lg smsnya

aku yang sok keren                  : kebun adalah wilayah atau lahan yang ditumbuhi tumbuhan, asalkan berada di wilayah permukiman (wikipedia.org). Nah berarti kebun padi juga bisa disebut kebun. Tapi kok ada “kebun binatang” ya ?

temanku yang sedang bingung : berarti lahan itu ditumbuhi binatang ya ? Nah lho… *bu guru jangan menyesatkan siswanya donk..

aku yang sok keren                 : haha…kebun binatang adalah tempat hewan dipelihara dalam lingkungan buatan, dan dipertunjukkan kepada publik (wikipedia.org). Nah kok makna kebunnya berubah lagi ? berarti kebun itu adalah tempat memelihara sesuatu.. eh berarti kalau memelihara ikan dalam aquarium bisa disebut kebun ikan ? hihii😀

temanku yang bertambah bingung : Lebih parahnya lagi, tempat orangtua memelihara anaknya, bisa dikatakan kebun.. ah parah, jangan di ikuti.. bisa jadi ilmu hitam..

 

waduh sodara-sodaraa, apalah coba -_-”

aku yang sok keren : Nah iya ya….😀

temanku yang benar-benar bingung tak karuan : padahal wikiped*a itu kan situsnya “org” ya, kan bisa dipercaya. kenapa yang ini tidak ? pengecualian mungkin ya..

aku yang tetap keren : haha… iya ya, kok ga ada korelasinya sama sekali antara pengertian kebun dengan kebun binatang…

temanku yang sepertinya mulai galau : aku senyum-senyum sendiri di bus.. ibu-ibu disampingku ngelirik2 terus.. haha😀

 

Waduh, jadi pengertian kebun itu apa sodara-sodara ?? ada yang bisa menjawab ??

“kebun” ini benar-benar “sesuatu” ya..  konsentrasiku buyar seketika, aku lupa apa yang mau kulakukan terhadap skripsiku tadi.. mama, tanggung jawab >,<

 

 

Markas Inspirasi, 25 Maret 2012

“Oh kebun, siapa sebenarnya dirimu bun”..

Tertanda : Tria Gustiningsi

 

Tentang mutiarakeluarga

aku adalah orang biasa, tapi dengan semangat yang luar biasa tak pernah berhenti berjuang menggapai cinta Allah, dan berjuang mengukir senyum kebanggaan di wajah orangtua....
Pos ini dipublikasikan di ceLoteh aku ^_^. Tandai permalink.

3 Balasan ke “Kebun” itu ternyata “sesuatu” ya..

  1. fae berkata:

    pertamax dulu kita…
    kebun?? sbenarnya kalo mau nanya sebuah arti kata yg dasar ya ama ahli bahasa,bukan dgn kita2…
    lagian wikipedia itu kan web buatan orang luar, gak ada jaminan dio tau bahasa Indonesia yg baik dan benar…
    jadi kebun itu ya kebun…
    “tempat tumbuhnya segala sesuatu yg identik dengan perkembangan yg berkesinambungan” [ae dem…ngecek apo wk ko…]
    mis kebun uang, kebun ilmu, kebun dan lain2….

    #ngasal🙂

  2. Oktaviana.mj19 berkata:

    hehe.. lihat kebun ku penuh dengan bunga…

    mnrut saya yg trancam sarjana ini :p, kebun itu “kumpulan” ukh.
    kumpulan makhluk hidup, yg dipelihara. tapi tidak cocok klo itu dijuruskan untuk manusia. kalo bahasa kerennya yg bisa mencakupi ksemua makhluk, baik hewan, tumbuhan, manusia biasa disebut “populasi””.
    tapi seperti kt mamang gooegle populasiny itu dibuat sedemikian rupa, mnyerupai kondisi lingkungan yg sesuai dg kbiasaan “hewan atau tumbuhan” itu hidup. lbih tepatnya >>habitatnya direkayasa/disesuaikan dg kondisi lingkungan asalnya.
    dai segi luas, kebun lebih luas daripada ladang. biasanya klo dalam kebun tidak hanya trdiri dari satu species hewan atau tanaman. tp biasanya lebih. tp bisa juga cuma satu, namun dalam cakupan penanman yg luas.
    klo kebun itu bisa untuk tujuan komersil bisa juga tidak, nah klo ikan yg di dlm aquarium itu beda lagi.
    itu namanya budidaya, hampir mirip2 sich. cuma beda..
    klo kebun biasanya dikelompok2kan dg tanaman atau hewan yg sm speciesnya, kebun itu nama tempatnya, budidaya itu caranya.
    tp ikan dlm aquarium kagak bisa disebut kebun krn dy gak makek lahan.
    dan biasanya dalm cakupan yg tidak terlalu luas atau terbatas.

    wuallualam ^_^

    gawe gawe… -_-“

  3. evanffun berkata:

    mencoba utk menjawab..🙂
    menurut saya, logika bahasa tentu berbeda dgn logika matematika,
    di matematika mungkin ada istilah substitusi, seperti yg ada ditulisan di atas, dimana, “pengertian” kebun disubstitusikan ke “persamaan” kebun lain
    di bahasa, kasus tersebut mungkin disebut frase, gabungan dua unsur kata atau lebih
    terserah mau melihatnya lewat kacamata mana, kalo lewat matematika saya yakin tidak akan menemukan simpulannya, tapi kalo melihat lewat bahasa saya percaya lbh bijak menerima “pengertian baru” atas kebun2 yg lain *eh

    tapi kalo ditanya pengertian kebun, maka saya mau berbagi, he tentu bukan versi KBBI, google ato wikipedia
    bagi saya “kebun adalah satu tempat sederhana di belakang rumah,di mana saya dan ayah sering berbagi tawa, berbekal perkakas seadanya, berteman dengan pisang, singkong, jagung, dan tanaman lucu lainnya, yg membuat akhir pekan saya selalu bahagia”

Tinggalkan Balasan

