jadi guru privat di angkot…..

hari ini….

iya, seperti hari biasanya, aku selalu pulang sore..

menghabiskan waktu di kampus sangat menyenangkan bagiku…

mumpung masih menjadi mahasiswa… berkaryalah seluas-luasnya…. ^_^

 

aku pulang naik angkutan umum yang beroperasi di kampusku..

angkot kuning ^_^, sama warnanya kayak almamaterku.. ehhe

 

saat angkot keluar gerbang UNSRI, lebih tepatnya di depan  salah satu tempat belanja di Indralaya…

ada 2 orang anak perempuan usia sekitar 12 tahun melambaikan  tangannya sehingga angkot yang ku tumpangi berhenti.. dan naiklah adik2 itu tadi..

hmm, mereka  menggendong tas dan memegang penggaris  yang sepertinya baru dibeli… tapi penggarisnya bermacam-macam… ada yang besar, kecil, pendek, panjang, ada yang bentuk  busur, dan ada juga jangka…..

“oh, adik2 ini beli penggaris ya ditempat itu…wah,pasti untuk belajar matematika nih” ucapku dalam hati…

hiihiiiiii😀

 

nah, naluri “sok kenal dan sok akrab” ku muncul…
dengan semangat aku bertanya “adek, dari Les ya dek ?”….

aku yakin karena ku lihat mereka menggendong tas….

mereka  jawab dengan senyum polosnya, “iya mbak”….

“oh, kelas berapa dek ?”…. tanyaku lagi

“kelas 6 mbak”, jawab mereka dengan malu, mungkin karena aku terlalu banyak tanya kali ya…

heheee

 

setelah itu aku diam dan melanjutkan konsentrasiku terhadap perjalanan di angkot hari ini (agak lebay dikiiit)..:D

dan, ku dengar percakapan dua orang adik itu…

adik 1 : aiy susah nian matematika tu, dak ngerti aku…

adik 2 : iyo, apolagi yang kito pelajari tadi.. apo diolah itu…

adik 1 : iyo, aku cuma biso yang negatif dengan negatif itu be.. selain itu dak ngerti lagi aku..

adik 2 : yang manoooo ????

adik 1 : yang itu nah, misalnyo negatif 10 dikurang 5,… nah tau aku jawabannyo.. negatif 15..

adik 2 : ooh yang itu,,.. iyolah.. (dengan raut bingung, kayaknya masih ngebayangin sesuatu)..

 

mendengar percakapan itu, konsentariku ku alihkan pada mereka..

ku dengarkan dengan seksama.. iya, bisa dibilang aku menguping obrolan mereka..

hahaa😀

*mmaf ya dek ^_^

 

aku tersenyum…

menyimak lagi keluhan itu….

tak sabar rasanya hatiku ingin memberi tahu…naluri “keguruan”ku serasa bergemuruh…

ingin mengajari mereka….

 

hmm, tidak lama kemudian, adik 2 turun… . nah di angkot masih ada aku dan adik 1…

aku, dengan gaya“sok kenal” tadi, bertanya kepada adik itu..

“dek, yang adek bilang tadi yang tentang negatif ditambah negatif itu susah ya dek ?”…

adik itu menjawab dengan agak lesu (mungkin karena aku terlalu ikut campur urusannya),, hahaa…

dia bilang “iya mbak, ga ngerti”..

“oh, yang bagian mananya dek yang ga ngerti ?“…. tanyaku lagi dengan penuh perhatian..

“ga tau mbak, semuanya kayaknya”...jawabnya lagi….

 

hmmm,, aku dengan gaya “sok dak tau malu”, aku memperkenalkan diriku…

“oh gituu,,mbak dari matematika lho dek… kali aja mbak bisa ngajari”… ucapku dengan tersenyum ramah padanya…

dia membalas senyum tulusku ^_^

nah naluri “keguruan” ku yang sejak tadi bergemuruh, akhirnya meledak juga…

aku sedikit berbagi ilmu matematika tentang “operasi bilangan bulat” yang dibicarakannya tadi..

 

dulu, aku benar-benar paham tentang ini karena guruku mengajari konsep “hutang”..

yang itu lho kawan-kawan, kita misalkan lambang negatif itu adalah hutang, sedangkan lambang positif adalah menunjukkan jumlah uang yang kita bayarkan untuk hutang tersebut….

 

ingatkan ??

 

jadi ku bilang gini,, “dek, sebenarnya mudah lho dek, anggap aja tanda negatif itu adalah hutang kita dek, sedangkan positif adalah  uang yang kita punya  untuk bayarnya..

misalnya gini :  -10 + 5 =….

nah itu bisa kita artikan –> kita punya hutang sebesar 10 nih,uang kita ada 5, kita bayarkan.. jadi hutang kita masih berapa dek?

adik itu menjawab “hutang kita masih 5 mbak”..

nah pinterrr…karena hutang tadi lambangnya negatif, jadi jawabannya adalah -5..

gitu…

 

misalnya gini nih… -10 + (-20) =..

itu berapa jawabannya dek ?

ku jelaskan lagi, itu berarti hutang kita 10, eh kita ngutang lagi 20.. jadi berapa tuh ?

adik itu menawab dengan semangatnya “hutang kita jadi 30 mbak, berarti jawabannya -30″

“wah, hebaat sekali”… jawabku dengan girang…

 

dia tersenyum..

lalu, adik itu bertanya lagi padaku…

“mbak, kalo misalnya 40 + (-10) mbak.. itu gimana?”..

nah coba kita sama-sama mikirnya…ucapku dengan antusias…

kita ada uang 40 nih, kita punya hutang 10.. jadi kalo kita bayarkan, uang kita itu masih berapa ya ?

“oh aku tau  mbak, uang kita masih 30″…

“nah benar, karena itu uang kita yang 30 itu, berarti jawabannya 30 dek, tanpa tanda negatif….”  ^_^

 

dia mengangguk- angguk…

“oh begitu ya..”. ucapnya..

“iya dek, jadi matematika itu mudah kan dek ?”… ^_^

dia tersenyum…

“iya ya mbak..hmmmm”…. (dia masih mengangguk-angguk, tanda mengerti)..

 

tak terasa ternyata angkot yang ku tumpangi sudah sampai di citra..aku menstopkan angkot itu..

iya,kost_anku di citra ^_^

dengan senyum ceria aku turun dari angkot itu, dan bilang “duluan ya dek :)”…

“iya mbak, makasih ya mbak”…. jawabnya dengan ceria juga..

 

dan aku berjalan menuju kost_an ku dengan bahagia..

sungguh… benar-benar bahagia.. ada kepuasan bathin tersendiri..

inilah yang namanya “jiwa guru” mungkin ya…

ah, aku tambah yakin…. aku bahagia sebagai calon guru..

dan AKU BANGGA !!!!

Hmm, kelak, akan ku tanamkan pada siswa-siswaku konsep matematika dengan baik, agar mereka mencintai matematika…

agar tak ada lagi keluhan yang mengatakan bahwa “matematika itu sulit”…

kelak, jika ada mata pelajaran matematika, ku pastikan mereka akan bilang:

“I love mathematics so much !!!”

 

Masa depan ! nantikan aku !!

 

Nah, kawan-kawan, matematika tidak sulit kan ? matematika itu asyik lho kwan-kawan🙂

Untuk teman-teman seperjuanganku, tetap semangat ya..

tetap semangat menimbah ilmu agar menjadi guru yang professional..disenangi siswa…

GURU adalah pekerjaan mulia.. berbanggalah kita ada disini….

 

Rasulullah bersabda :

“Sebaik-baik sedekah adalah jika seorang muslim belajar ilmu, lalu mengajarkannya kepada saudara-saudara muslimnya.”

Subhanallah…. Semangat !!

Salam Matematika🙂

 

Markas Inspirasi, 22 Maret 2011

Tria Gustiningsi

Tentang mutiarakeluarga

aku adalah orang biasa, tapi dengan semangat yang luar biasa tak pernah berhenti berjuang menggapai cinta Allah, dan berjuang mengukir senyum kebanggaan di wajah orangtua....
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

4 Balasan ke jadi guru privat di angkot…..

  1. fae berkata:

    jadi guru mendadak di angkot ko…
    ba ajaan bahutang baa ko ka adiak2??
    hhhee….

    • mutiarakeluarga berkata:

      hahhaa… itu cara mudahnyo se mah sanak.. kan darurat mah….
      kok indak, iya ajaan jo metode terupdate masa kini yg dtransfer oleh dosen2 iya..
      heheeee
      *agak sombong stek.. hihiii😀

  2. zafion berkata:

    wah keren nian dek,,,mantap;;; smoga menjadi guru seperti cita-citanya yo🙂

  3. mutiarakeluarga berkata:

    aamiin…
    trimakasih sdh brkunjung🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s